Sejarah Alat Musik Kecimol Sasak Lombok

//iklan
//iklan
Sejarah Alat Musik Kecimol Sasak Lombok - Lombok terkenal dengan cabe dan kepedasan kulinernya nya tetapi tahukah anda banyak juga orang yang tidak mengetahui lombok itu mempunyai alat musik tradisional dan kebiasaan kebiasaan memainkan alat musik tradisional tersebut saat ada acara acara besar seperti pernikahan dan lain lain. contoh salah satu alat musik tradisionalnya adalah kecimol.

Biasanya Kecimol dimainkan saat nyongkolan yaitu prosesi acara pernikahan orang lombok.

Kecimol kepanjangannya adalah Kesenian Cilokak Masbagek orang Lauq. yaitu alat kesenian yang berasal dari orang masbagek (Nama suatu desa di lombok timur)

kecimol
Kecimol

Kecimol adalah salah satu Kesenian Musik Kreasi atau kreatifitas yang awalnya dulu sekitar Tahun 80-an kebawah mulai Muncul di wilayah Lombok Timur yaitu tepatnya di desa Masbagek. Yang di Pimpin oleh orang yang tidak suka di sebut namanya,Namun di beri tulisan di Gendang paling besar itu dengan nama ”Bang Jidur” yang khas dengan kaca mata BL hitamnya.

Jadi bisa dikatakan Bang jidur adalah pencetus dari Kecimol ini.

Alat musik nya terdiri dari beberapa buah gendang rebane dan Drum. Bang Jidur di dukung pula oleh beberapa Bilah Kentongan atau Kul Kul.

Semula Fungsinya adalah utk memanggil Masyarakat Bergotong Royong di Masjid Jamiq yang Megah. yang sekarang di pinggir jalan depan terminal lama dulu di wilayah lombok timur.

Sesekali mereka para pemuda penabuhnya masuk ke pasar di depan sebelah selatan pertokoan itu tanpa di minta serempak masyarakat memberi sumbangan ala kadarnya untuk Kotak Amal Masjid dan demikianlah seterusnya dalam jangka waktu yang tidak tercatat,Kecimol itu di tabuh pula di pinggir jalan raya sekitar Masbagek itu sebagai Bentuk kepedulian para Pemuda Remaja yang berjiwa seni dan Peduli kepada Masjid nya.

Kemudian alat alat musik itu berkembang dengan dukungan sound atau speaker yang lebih mendukung,seiring dengan berjalan nya waktu ntah Kapan saat nya mulai di ikuti oleh beberapa desa desa di wilayah Lombok ini.

Yang kemudian terkenal lah yang namanya alat musik tradisional dan kesenian kecimol ini yang meluas ke daerah daerah dan desa desa di wilayah lombok yang kemudian melekat dan sering dimainkan oleh para pemuda pemuda lombok.
//iklan

0 Response to "Sejarah Alat Musik Kecimol Sasak Lombok"

Post a Comment

Selalu Tinggalkan Komentar untuk Kemajuan Blog ini :)