Sejarah Alat Musik Cilokak Sasak Lombok

//iklan
//iklan
Sejarah Alat Musik Cilokak Sasak LombokCilokak sasak adalah satu produk seni penghibur yang ada di dalam kebudayaan sasak yang pada dasarnya dari apa yang di nyanyikan adalah potret kondisi pribadi atau masyarakat dari tradisi pemikiran orang sasak sendiri. Dan daripada itu, untuk melihat bagaimana kondisi atau perasaan pribadi masyarakat sasak itu dapat kita lihat melalu lagu-lagu cilokak yang sedang berkembang. Hal semacam ini dapat kita lihat dari kaca mata kontekstual dan juga secara universal dalam lingkup tradisi palsafah yang ada dalam kebudayaan sasak.

Dalam perkembangannya saat ini, Cilokak sasak telah banyak mengalami kemajuan, yang menjadikannya beberapa variasi,kreasi dan pecahan. Ada cilokak tradisional,gabungan(dangdut),dan kontemporer (instrumental). Semuanya masih tetap Eksis dan semakin produktif dalam menghibur masyarakat sasak.Dan masyarakat sasakpun masih mempunyai ketertarikan untuk mendengar lagu-lagu cilokak ini, baik yang tradisional,gabungan dan modern.


cilokak

Apa yang di hasilkan cilokak saat ini adalah sumbangan besar terhadap kebudayaan sasak. Baik itu dalam rangka memertahankan fungsinya yang mendasar untuk menghibur masyarakat sasak ,atau juga telah lebih dari pada sebuah hiburan. yaitu sebagai amanat kontekstual yang di kandung dan disampaikan secara langsung ataupun tidak langsung. dan masyarakat sasak sendiri dapat mengambil makna daripada apa yang di sampaiakan/lagukan. Walaupun banyak dari pada lagu cilokak yang berkembang sekarang di dominasi oleh tema guyonan,canda,dan banyolan, namun itulah poret masyarakat sasak saat ini, yang mana dari sana kita dapat melihat dan bercermin bahwa inilah wajah masyarakat sasak yang ada.
Dan oleh karena itu, bagaimanapun hasil karya cilokak itu haruslah tetap di jaga ,di hormati dan di biarkan berkembang apa adanya. Jikalau pun itu jelek, masyarak at sasaklah yang berhak menilai dan menerima sebagai konsumen dan pendukung kebudayaan. Hingga pada akhirnya cilokak tetap dapat di wariskan ke generasi selanjutnya dengan kreasi ataupun kehendak dari pada apa yang di sukai oleh masyarakat sendiri di kemudian hari. Baik nantinya yang akan di ciptakan oleh para budayawan atau akan timbul dengan sendirinya.
//iklan

0 Response to "Sejarah Alat Musik Cilokak Sasak Lombok"

Post a Comment

Selalu Tinggalkan Komentar untuk Kemajuan Blog ini :)