10 Oleh Oleh Khas Lombok Yang Wajib Dibawa Pulang

//iklan
//iklan
10 Oleh Oleh Khas Lombok Yang Wajib Dibawa Pulang10 Oleh Oleh Khas Lombok Yang Wajib Dibawa Pulang - Jika kita membahas Lombok maka tidak akan ada habis nya dari sektor pariwisata, kuliner dan tradisi nya, setelah anda berlibur dan menikmati keindahan Lombok tidak lengkap dong kalau tidak membeli oleh oleh untuk di bawa pulang ke rumah, di Lombok banyak oleh oleh khas Lombok yang disediakan bagi wisatawan mulai dari yang murah sampai yang mahal, mulai yang tradisional hingga yang berkelas, berikut ini oleh oleh khas Lombok yang paling sering dan populer di beli oleh para wisatawan yang berkunjung ke pulau Lombok dan Sumbawa :


1. Tuak Manis Lombok
Tuak Manis adalah minuman khas Lombok, Nusa Tenggara Barat. Minuman ini disukai semua orang selain karena rasanya yang segar dan manis juga karena dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Setiap wisatawan yang berlibur ke Gili Trawangan dan dua gili lain di Kabupaten Lombok Utara wajib mencicipi minuman menyegarkan ini.
Tuak Manis Lombok
Minuman ini dapat anda bawa pulang sebagai oleh oleh tapi minuman tuak ini tidak bisa di inapkan selama semalam karna zat yang terkandung dalam tuak ini dapat mengeluarkan alkohol yang dapat memabukkan.

Harga Perbotol Tuak Manis berkisar antara Rp.10.000 hingga Rp.15.000.

2. Kaos Lombok
Kaos LombokSalah satu andalan dari pulau Lombok untuk mempromosikan pariwisata nya adalah dengan media pakaian kaos layak nya baju kekinian yang sedang ngetren, kaos Lombok ini bagus dan trendi untuk dipakai jalan jalan dan bermain, selain bagus dan harga nya yang juga terjangkau bagi wisatawan.
Kaos Lombok ini dibanderol dengan harga berkisar antara Rp.15.000 hingga Rp.50.000.

3. Dodol Rumput Laut
Dodol Rumput LautDodol rumput laut adalah makanan tradisional yang diolah dari rumput laut pilihan dari pantai pantai di Lombok secara higenis dan dengan standar keamanan pangan. Rasa unik dodol rumput laut yang unik dan menyehatkan karena mengandung serat rumput laut yang baik untuk pencernaan tubuh. Dodol rumput laut cocok sebagai camilan anda dan keluarga.

Biasanya Dodol Rumput Laut ini dibanderol dengan harga berkisar dari Rp.13.000 sampai dengan Rp.50.000, bisa dibeli di toko oleh oleh khas Lombok.

3. Kain Songket Sasak
Kain Songket SasakKain Songket ini dipakai sebagai bagian dari pakaian tradisional suku Sasak yang bernama Baju Lambung (baju wanita), baju adat khas Lombok dengan motif hitam polos dengan variasi bawahan yang beragam, biasanya berbentuk selendang, ikat pinggang atau aksesoris lainnya. Sedangkan untuk yang pria biasanya menggunakan songket sebagai bawahan (pasangan baju adat Tegodek Nongkeq) yang diatur sedemikian rupa sehingga indah dipandang.

Anda Dapat membeli Kain Songket Sasak ini di desa Sukerare,Lombok barat dengan harga mulai dari Rp.200.000 sampai Rp.2.000.000.

Kain Tenun sasak4. Kain Tenun Sasak
Kain tenun sasak ini jangan sampai anda lewatkan dari daftar oleh oleh anda karna kain tenun ini sangat bagus dan memiliki banyak motif yang berbeda beda yang hanya dapat anda dapatkan di desa Sade, Lombok tengah, dengan pengerjaan kain yang cukup lama dan hasil yang unik maka kain tenun ini banyak yang meminati dan membelinya sebagai oleh oleh kain dari Lombok.

Harga Perkain tenun di banderol berdasarkan lama pengerjaan dan sulitnya motif yang dibuat, mulai dari Rp.200.000 hingga Rp.2.000.000.

5. Mutiara Lombok
Salah satu oleh oleh khas Lombok yang bernilai tinggi dan cocok sebagai hadiah untuk orang tersayang atu kekasih anda ya perhiasan dari mutiara Lombok ini dengan mutiara asli yang di ambil langsung dari dasar laut lombok.
Dimana Mutiara Lombok ini dijadikan sebagai perhiasan yang cantik dan mewah oleh pengerajin mutiara di Lombok.

Mutiara LombokSentral penjualan dan pengerajin Mutiara ini berada di Kampung Sekarbela secara administratif berada di Kelurahan Karang Pule, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram. Sekitar 4 Kilometer dari pusat Kota Mataram.

Terdapat dua macam jenis untuk perhiasan mutiara. Yaitu Mutiara Laut dan Mutiara Air Tawar. Mutiara Laut biasanya berbentuk oval, serta berwarna putih, emas, hitam dan perak. Sedangkan Mutiara Air Tawar bernbentuk bundar, dengan varian warna seperti putih, biru, pink, kuning, dan oranye. Biasanya warna mutiara dari jenis air tawar lebih bervariasi, karena warna tersebut disuntikkan dari bahan tertentu ke induk kerang penghasil mutiara.
Harga perhiasan di Kampung Mutiara Sekarbela bervariatif, biasanya tergantung dari jenis dan berat perhiasan, Mutiara Laut cenderung lebih mahal dibanding Mutiara Air Tawar. Anda bisa mendapatkan Mutiara Laut dengan harga mulai Rp.100.000 hingga Rp.500.000 per gramnya. Sedangkan untuk Mutiara Air Tawar, Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp.15.000 per butir.

6. Madu Sumbawa Dan Madu Lombok
Madu Sumbawa Dan Madu LombokSalah satu andalan dari Pulau Sumbawa adalah madu murni yang di proses oleh lebah pada pohon-pohon bunga tumbuhan hutan (Scoparium Leptospernum) yang banyak tumbuh di hutan-hutan Sumbawa. Rata-rata beberapa ahli telah tak asing lagi bakal madu type ini selain itu juga kerap di pakai pada beberapa produk untuk perawatan & pengobatan luka seperti radang perut, luka, luka bakar, luka kanker, sakit tenggorokan, jamur dan jerawat.

Khasiat Madu Sumbawa sangatlah ampuh untuk membasmi bakteri-bakteri yang kebal pada antibiotik yang paling kuat seperti misalnya Meticillin resistant Staphylococus Aureus (MRSA) menurut berita Daily Mail.
Perbedaan Madu Lombok dan Sumbawa lebih karena perbedaan wilayah pengambilan madunya saja. Madu Sumbawa selama ini sangat identik dengan Apis Dorsata sementara madu Lombok identik dengan madu serana (cerana) dan Madu Trigona. Hal tersebut dikarenakan Sumbawa dikenal memiliki hutan yang sangat luas, sehingga apis dorsata mendominasi. Namun begitu, bukan berarti di Lombok Tidak ada apis dorsata, tetap ada. Hanya saja memang kuantitasnya tidak sebanyak di Sumbawa.
Harga dari Madu Lombok dan Madu Sumbawa ini tergantung ukuran dan jenis nya, berkisar antara Rp.150.000 hingga Rp.375.000 per liternya.

7. Susu Kuda Liar Sumbawa
Susu kuda liar merupakan susu yang dihasilkan dari kuda liar Sumbawa yang bebas dari pengaruh bahan-bahan kimia sintetis,mikroba dan bukan berasal dari hasil rekayasa genetika, yang sangat bermanfaat untuk kebugaran dan stamina serta daya tahan tubuh (antibody). Bermanfaat bagi penderita asam urat, tekanan darah tinggi, stroke, asthma, leucimia, kanker, maag, TBC, paru-paru, diabetes, tifus, kolera, hernia, disentri, sakit kepala, susah punya keturunan, lever, jantung, ginjal, dan lain lain.
Susu Kuda Liar Sumbawa

Keistimewaan susu kuda liar Sumbawa
Tidak mengalami penggumpalan dan kerusakan miskipun tidak dipasteurisasi.Tahan terhadap suhu ruangan sampai 1 tahun,(tidak diberi bahan pengawet apapun) sifat ini
disebabkan karena adanya senyawa "anti mikroba alami galaktoferin" yang dapat menghambat pertumbuhan atau membunuh bakteri dan mempunyai sifat autofermentasi(pH 3,8) dan kadar lemk rendah (1,6 %)
Harga susu kuda liar Per Botol 500 ml Rp.100.000.
Harga susu kuda liar quantity 3 Botol 500 ml Rp.300.000.
Harga susu kuda liar quantity 6 Botol 500 ml Rp.600.000.
Anda dapat langsung membelinya di Jalan Lintas Sumbawa (30 meter Barat Cabang Cakre atau Perbatasan Kandaidua – Montabaru), Woja, Dompu – Nusa Tenggara Barat.

8. Permen Susu Kuda Liar Dan Kerbau Liar
Permen Susu Kuda Liar Dan Kerbau LiarDan yang unik adalah oleh oleh Permen Susu tetapi permen yang tidak biasa karna permen ini dibuat murni dari susu kuda liar dan kerbau liar yang diolah secara tradisional oleh masyarakat Sumbawa dengan kemasan mika transparan, karna ke istimewaanya ini permen ini hanya dapat ditemui di pulau Sumbawa, rasanya yang manis dan gurih membuat permen ini laris dibeli oleh para wisatawan.
Harga dari permen susu ini pun relatif murah mulai dari Rp.20.000 perplastik dengan isi sekitar 10 hingga 12 permen, dimana ukuran permennya sekitar 5 x 2 cm.

10. Souvenir
SouvenirDan oleh oleh yang terakhir adalah oleh oleh souvenir dari Lombok, seperti kalung,gelang dan aneka aksesoris khas Lombok yang cocok sebagai gantungan kunci atau pajangan di kamar anda.
Souvenir souvenir ini di jual dengan harga murah berkisar antar Rp.2000 hingga Rp.5000, banyak dijual di seluruh toko oleh oleh khas Lombok.

Ya itulah dia 10 Oleh oleh khas Lombok dari minuman,makanan sampai dengan perhiasan yang wajib anda beli untuk bawa pulang.
//iklan

0 Response to "10 Oleh Oleh Khas Lombok Yang Wajib Dibawa Pulang"

Post a Comment

Selalu Tinggalkan Komentar untuk Kemajuan Blog ini :)