10 Wisata Air Di Pulau Lombok Yang Indah

//iklan
//iklan
10 Wisata Air Di Pulau Lombok Yang Indah - Lombok adalah sebuah pulau yang kaya akan keragaman wisata religi dan wisata air nya yang tentunya sudah terbukti keindahananya di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara, dari sekian banyak nya wisata di lombok, berikut ini saya rangkum 10 wisata air terbaik di lombok :

1. GILI AIR, MENYELAM DI SURGA BAWAH LAUT
 GILI AIR, MENYELAM DI SURGA BAWAH LAUT
Gili Air akan menyuguhkan pada Anda taman air yang alami nan menakjubkan. Karena bernama "Air", maka di pulau ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan air. Gili Air Lombok terletak di sebelah Barat Laut Pulau Lombok. Di sekitar Gili ini, Anda bisa menjelajah sedikitnya 5 titik spesial dimana Anda bisa menyapa Kuda Laut, Kura-kura, berbagai macam ikan dengan aneka warna, serta penghuni laut lainnya.
Ketika Anda berencana untuk berwisata ke Lombok, Gili Air merupakan salah satu Gili yang harus Anda kunjungi. Masyarakat setempat menyebut Gili ini dengan nama "Tengaq Aiq", yang artinya "di tengah-tengah laut". Penduduk asli Gili Air mayoritas berasal dari Suku Sasak dan Suku Bugis. Sebagai penunjang kehidupan keseharian, mereka bermata-pencaharian sebagai nelayan, pedagang, serta pemandu wisata.

2.MENIKMATI OMBAK PANTAI MAWUN LOMBOK
MENIKMATI OMBAK PANTAI MAWUN LOMBOKPantai Mawun sebenarnya memiliki pesona yang cukup memadai untuk menjadi tempat wisata pantai. Pantai di Pulau Lombok ini merupakan bagian dari teluk. Garis pantainya berbentuk seperti tapal kuda, dengan dua bukit yang berada di sebelah Timur dan Barat. Pantainya juga berpasir putih, serta bertekstur lembut di pantai bagian tengah. Sedangkan di bagian sisi Barat, pasirnya bertekstur lebih kasar dan bercampur dengan pecahan karang.
Topografi garis pantai di bagian tengah cukup dalam dibanding sisi Barat dan Timur. Ombaknya juga relatif lebih besar. Karena bagian tengah berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Sedangkan di sisi Barat dan Timur terhalang oleh bukit. Sehingga di sisi ini memiliki ombak yang relatif tenang.
Setiap hari Pantai Mawun ini selalu dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Namun jumlah pengunjung masih sangat sedikit. Selain berenang, pengunjung biasanya menikmati pemandangan dan menghabiskan waktu dengan berjemur, membaca, atau berfoto-foto ria.
Jika Anda ingin bermain dan beraktivitas di Pantai Mawun, disarankan agar Anda memilih sisi pantai Barat atau Timur. Karena di kedua sisi ini, topografi pantai relatif landai dan berombak tenang. Sehingga, Anda beserta putra-putri Anda bisa bermain air dan beraktivitas. Pantai bagian tengah memang cocok untuk berenang. Namun karena relatif dalam dan berombak besar, sebaiknya Anda juga perlu berhati-hati. Karena di pantai ini tidak ada penjaga pantainya.

3.PANTAI SURGA LOMBOK
PANTAI SURGA LOMBOKPantai Surga bagaikan sebuah potongan surga yang terdampar di bumi Indonesia. Wisata pantai Lombok ini menyimpan seribu pesona yang akan membuat Anda merasa aneh, merasa bahwa Anda tidak seperti berada di bumi.
Berada di ujung teluk, Pantai Surga Lombok relatif terpencil letaknya. Namun pesonanya melebihi pantai-pantai yang ada di Pulau Lombok. Pantai ini diapit oleh dua tebing yang tinggi, sedangkan pantai utamanya terletak tepat diengah-tengah dua tebing tersebut. Pantai Surga membentang tak lebih dari 600 Meter. Bentuknya seperti huruf U, dengan tepi pantai yang keseluruhannya tertutup oleh pasir putih.
Pasir Putih Pantai SurgaDi Pantai Surga Anda bisa melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari sekedar berbaring sambil membaca dan menikmati sebuah kelapa muda, berjalan-jalan berkeliling pantai menikmati pemandangan dan suasana yang romantis, berenang atau ber-snorkling, sampai berselancar dan memancing. Bahkan bagi Anda yang menyukai olahraga ekstrim, Anda bisa memanjat tebing yang berada di sebelah kanan pantai ini sembari menikmati pemandangan nan menakjubkan, atau menjelajah area sekitar pantai. Sesampainya di ujung atau di atas tebing, Anda bisa beristirahat di sebuah berugak (gazebo) dan menikmati pemandangan dari ketinggian.
Tak hanya itu, bagi Anda yang memiliki hobi berselancar, bermacam jenis ombak akan menanti Anda. Mulai dari ombak reguler sampai ombak yang tinggi nan menantang. Untuk mendapatkan ombak yang “cantik” nan menantang, Anda bisa berkunjung pada bulan Juni hingga Oktober. Tak hanya pengunjung domestik saja, pengunjung mancanegara juga mendatangi pantai ini. Meskipun jumlahnya tak sebanyak di Pantai Senggigi atau Pantai Kuta Lombok.

4.AIR TERJUN SENDANG GILE DAN TIU KELEP
AIR TERJUN SENDANG GILE DAN TIU KELEPAir Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep, Anda akan menemui air terjun yang mengaliri tebing yang bertingat. Tak hanya itu udara yang sejuk dan pemandangan yang hijau nan alami akan menyambut Anda. Pulau Lombok memang memiliki pesona wisata alam yang mengagumkan, yang menyatu dengan ritme yang menenangkan. Di kaki Gunung Rinjani terdapat beberapa wisata air terjun yang cukup terkenal. Diantaranya adalah Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep. Kedua air terjun ini mengalir membentuk satu aliran. Hembusan kabutnya memenuhi sekitar lembah, dan akan terasa sejuk ketika Anda berada di dekatnya.
AIR TERJUN SENDANG GILE DAN TIU KELEPAir Terjun Sendang Gile LombokKedua air terjun ini  terletak di sisi sebelah Utara di kaki Gunung Rinjani. Yang juga merupakan bagian dari jalur pendakian. Secara administratif, Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep berada di Desa Senaru, sekitar 2,5 jam perjalanan dari Kota Mataram. Mengingat jaraknya yang cukup jauh, disarankan agar Anda menggunakan kendaran pribadi untuk mengunjungi wisata air terjun yang menakjubkan ini.
Air Terjun Tiu Kelep berada diatas Air Terjun Sendang Gile. Aliran Air Terjun Sendang Gile sendiri mengalir melewati tebing setinggi 30 Meter. Tebing yang teraliri air tersebut bertingkat-tingkat, serta tertutup oleh dedaunan hijau dan tumuhan paku. Nah, aliran air terjun yang menyatu dan melewati tebing yang tertutup rerimbunan tersebut membuat area di sekitarnya tertutup kabut tipis. Sesekali Anda akan melihat lengkungan pelangi di dekat air terjun. Aliran air dari Air Terjun Tiu Kelep kemudian mengalir menuju ke Air Terjun Sendang Gile.

5.WISATA PASIR PUTIH, PANTAI SELONG BELANAK
WISATA PASIR PUTIH, PANTAI SELONG BELANAK
Pantai Selong Belanak merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal, terutama keindahan dan keasriannya serta kebersihan area pantai. Pantai ini memiliki garis pantai yang melengkung seperti bulan sabit. Dengan beberapa bukit di bagian ujung sabit. Sebagai bagian dari Teluk Selong Belanak, pantai ini memiliki tepi dengan panjang sekitar 1 Kilometer dan berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Sekitar seperempat bagian pantai, yaitu sisi Selatan, digunakan penduduk sebagai area pemukiman. Sekitar 40 keluarga nelayan yang tinggal di area tersebut. Tentu saja area ini kurang cocok untuk aktivitas air, karena banyak perahu nelayan yang juga beraktivitas.
Pantai Selong Belanak, LombokJika Anda ingin melakukan berbagai aktivitas air, Anda bisa beralih ke sisi Utara Pantai Selong Belanak. Area ini bebas dari aktivitas penduduk setempat. Selain pasir pantainya yang halus putih, kontur pantainya juga landai. Sehingga perairannya cukup tenang dan jernih.
Dengan kondisi pantai yang demikian, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di area pantai ini. Seperti sekedar bersantai, berjalan-jalan menikmati suasana, berjemur, berenang, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menyewa perahu nelayan setempat untuk memancing. Atau Anda juga bisa menyaksikan kehidupan penduduk setempat yang sederhana. Seperti anak-anak yang membantu orang tuanya dengan mengangkut air tawar untuk kebutuhan sehari-hari, nelayan yang memperbaiki jala dan perahunya, atau para istri yang sedang membakar hasil tangkapan suaminya, dan masih banyak lagi.

6.BERJALAN DIATAS AIR HUTAN MANGROVE GILI SULAT
BERJALAN DIATAS AIR HUTAN MANGROVE GILI SULATutan Mangrove Gili Sulat secara administratif termasuk wilayah Kabupaten Lombok Timur. Di pulau yang memiliki panjang sekitar 5,2 kilometer ini, Anda bisa menyaksikan hutan bakau yang masih alami. Berbagai spesies burung hidup di hutan tersebut. Salah satunya adalah Burung Bertong atau Burung Maleo (Macrocephalon maleo). Dalam kurun waktu tertentu burung ini bermigrasi ke daratan lainnya. Seperti Sumbawa, Bima, Pulau Bali, dan Pulau Sulawesi. Gili Sulat memiliki spesies Mangrove terlengkap se-Asia Tenggara. Saat memasuki hutan ini, Anda harus berhati-hati. Karena di tempat ini masih hidup beberapa spesies ular, salah satnya adalah ular hijau.
Keindahan Hutan Mangrove Gili Sulat tidak banyak diketahui terutama oleh pengunjung domestik. Sehingga pengunjung domestik yang mendatangi tempat ini masih sangat sedikit. Begitu pula dengan pengunjung mancanegara. Keterbatasan fasilitas pendukung membuat para pengunjung lebih memilih mendatangi Gili Kondo yang berada di sebelah Timur Gili Sulat. Tidak ada rumah atau warung di gili ini. Anda hanya akan menemui pos jaga serta jalan masuk ke hutan mangrove sepanjang 400 Meter. Jalan tersebut terbuat dari papan, sehingga Anda akan lewat di tengah-tengah rerimbunan hutan bakau.
Setelah memasuki kawasan hutan Gili Sulat Lombok, Anda akan disambut dengan kicauan burung-burung yang hinggap di atas pepohon bakau. Jika Anda menengok ke bawah, Anda akan menemui bermacam ikan diantara akar-akar bakau. Akar bakau merupakan tempat yang disukai ikan untuk hidup dan bersembunyi. Anda bisa beristirahat sejenak di ujung jembatan, merasakan keheningan suasana sembari mengisi perut dengan bekal yang Anda bawa.

KOLAM RAJA TAMAN NARMADA7.KOLAM RAJA TAMAN NARMADA
Taman Narmada merupakan taman yang dibangun oleh Raja Mataram Lombok pada tahun 1727 sebagai tempat untuk peristirahatan para raja dan sebagai tempat pelaksanaan upacara resmi kerajaan. Lokasi Taman Narmada adalah di Desa Lembuak atau 10 kilometer dari Kota Mataram sebelah timur. Di tempat ini sekarang menjadi tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan, karena dapat menyaksikan taman peninggalan kerajaan dan menikmati keindahan banunan yang megah. Di lokasi wisata ini juga terdapat sumber mata air yang dipercaya penduduk sekitar dapat membuat awet muda.

8.DANAU SEGARA ANAK RINJANI
DANAU SEGARA ANAK RINJANI
Danau Segara anak sebearnya menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Gunung Rinjani. Danau Segara anak memiliki pemandangan yang sangat bagus, yaitu berupa danau yang dikelilingi perbukitan yang tinggi. Untuk mencapainya tidaklahmudah, karena diperlukan perjalanan dengan berjalan kaki selama 9 jam. Medan yang berat dan melelahkan akn terbayarkan saat melihat secara langsung tempat wisata Danau Segara Anak ini.

9.MENYELAM DI GILI TRAWANGAN
MENYELAM DI GILI TRAWANGANDi sekitar Pulau Lombok terdapat 3 buah gili atau pulau kecil yang letaknya saling berdekatan. Ketiga Gili tersebut adalah Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Dari ketiga gili tersebut Gili Trawangan merupakan Gili yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Keindahan alam yang ditawarkan dari Gili trawangan adalah berupa pantai yang putih bersih serta taman lautnya yang sangat indah.

10.BERSELANCAR DI PANTAI BANGKO BANGKO
BERSELANCAR DI PANTAI BANGKO BANGKOBagi para peselancar, salah satu spot point yang paling terkenal di Indonesia adalah pantai Desert Point alias pantai Bangko-bangko yang masuk sebagai 10 ombak terganas di dunia, yang terletak di Kecamatan Sekotong Lombok Barat. Waktu terbaik jika anda ingin mengunjungi tempat wisata favorite turis mancanegara ini adalah pada bulan Mei hingga Oktober. Selain menawarkan keindahan ombak untuk berselancar, kondisi pantainya yang bervariasi dari datar, bergelombang dan berbukit dengan bebatuan alam yang tampak kokoh dan pasir putihnya yang menghiasi pantai di bagian barat kawasan, Bangko-bangko juga menawarkan keindahan biota bawah laut kepada wisatawan, sehingga anda juga bisa melakukan kegiatan menyelam, snorkeling atau sekedar memanjakan badan dengan berendam di Pantai.

Ya iulah dia 10 Wisata Air di Pulau Lombok yang Indah dan terpopuler di lombok yang wajib anda kunjungi, sekian dan terima kasih,semoga bermanfaat sebagai referensi berlibur di lombok.
//iklan

0 Response to "10 Wisata Air Di Pulau Lombok Yang Indah"

Post a Comment

Selalu Tinggalkan Komentar untuk Kemajuan Blog ini :)