Permainan Tradisional Anak Lombok

//iklan
//iklan
Permainan Tradisional Anak Lombok Berikut ini adalah beberapa alat dan macam macam permainan tradisional khas anak lombok yang hingga sekarang masih banyak dimainkan oleh anak anak dilombok.

Bermain layangan

Layangan adalah sebuah permainan tradisional yang dibuat dari bambu dan kertas di rangkai sedemikian rupa sehingga bisa diterbangkan oleh anak anak di lombok yang biasanya dimainkan pada lapangan terbuka atau sawah.

layangan lombok
Bermain layang layang
Bermain Beldokan

Beldokan adalah sebuah alat permainan tradisional yang terbuat dari batang bambu kering yang dipotong kedua ujungnya untuk dimaksudkan membuat lubang ditengahnya dan memiliki kayu khusus untuk mendorong peluru yang kegunaannya untuk bermain perang perangan bagi anak anak kecil di lombok yang pelurunya bisa menggunakan kertas yang dibasahi air atau dari bunga jambu air yang jika terkena badan anda makan akan sakit dan pedas.
Permainan beldokan lombok
Beldokan
Bermain Geleng

Geleng adalah sebuah permainan saling kejar kejaran sesama teman dan siapa yang disentuh dia yang akan mengejar lawannya hingga tertangkap kembali.

Bermain geleng anak lombok
Bermain beldokan
Bermain Sebok Pete (Sembunyi dan mencari)

Dari namanya sudah tentu ini permainan sembunyi dan mencari,siapa yang kalah dalam hompimpa maka dia yang akan mencari teman temannya yang bersembunyi.
Bermain sebok pete anak lombok
Bermain sebok pete
Bermain Gaseng (Gasing)

Gaseng adalah sebuah permainan tradisional yang hingga kini masih banyak yang memain kannya oleh anak anak bahkan orang dewasa, gaseng terbuat dari kayu yang di raut hingga menjadi bulat dan dimainkan dengan cara di lilitkan oleh seutas tali dan dihempaskan ke gaseng lawan.
Ada 2 permainan Gaseng di lombok yaitu pertama siapa paling lama berputar dan yang ke ke dua saling Timpuk (Timpa) antar gaseng.
bermain Gasing lombok
Bermain gaseng (Gasing)
Bemain kendeker (kelereng)

Kendeker adalah sebuah bola kaca kecil yang dimainkan oleh anak anak kecil untuk saling tembak menembak secara bergiliran pada masing masing kendeker mereka, beberapa jenis contoh permainan kendeker yaitu, main lobang,patrom,samsi dan lain lain.

bermain kendeker anak lombok
Bermain kendeker
Bermain keteq

Keteq adalah permainan tradisional yang menggunakan 2 batang kayu dan sebuah lubang yang digali untuk menempatkan satu kayu dan menggunakan satu kayunya yang lain untuk menghempaskannya sejauh jauhnya, aturan permainannya barang siapa yang menghempaskan kayu paling jauh dia yang akan mendapat skor paling banyak dan akan menang dan apa bila kayu berhasil ditangkap oleh lawan maka akan diganti untuk berjaga.
Bermain keteq
Bermain Pelcon atau Diwal (Ketapel)

pelcon atau diwal adalah sebuah alat permainan yang dibuat dari sebuah kayu yang berbentuk huruf Y dan diikatkan ke dua buah karet pada masing ujungnya dan cara menggunakannya yaitu dengan menempatkan batu kerikil dan menghempaskannya dengan gaya dorong yang dilontarkan oleh karet.

bermain diwal dan pelcon lombok
Bermain pelcon atau diwal
Bermain Dengklek

Dengklek adalah sebuah permainan anak anak yang membuat beberapa garis kotak diatas tanah dan dimainkan dengan 1 kaki sambil melompat lompat untuk melewati garis tersebut.
permainan dengklek lombok
Bermain Dengklek
Bermain lompat tali

permainan lompat tali adalah permainan dari karet gelang dimana 2 orang pemain bertugas untuk memegang masing masing karet dan 1 orang lagi melompat lompat dan melakukan gerakan lincah sesuai irama yang dimainkan.
permainan lompat tali anak lombok
Bermain lompat tali
Bermain Benteng

permainan benteng adalah sebuah permainan yang menggunakan belahan genting atau batu yang disusun,kemudian akan dihancurkan oleh lawan dan yang kalah akan mengejar lawannya sambil membawa bola kasti dan melempar lawannya hingga kena tetapi dia juga harus menjaga pecahan batu agar tidak disusun ulang oleh lawan.
permainan benteng anak lombok
Bermain benteng (batu disusun susun)
Dan masih banyak lagi permainan dan alat alat tradisional anak lombok seperti keciwe,maen sulup,maen adu jangkrek dan lain lain.
//iklan

2 Responses to "Permainan Tradisional Anak Lombok"

  1. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, amiin, terima kasih atas kunjungannya :)

      Delete

Selalu Tinggalkan Komentar untuk Kemajuan Blog ini :)