Pusat Pusat Kerajinan Tangan Di Lombok

//iklan
//iklan
Pusat Pusat Kerajinan Tangan Di Lombok - Lombok sangat terkenal dengan kekayaan dan keindahan alam serta warisan budayanya tetapi lombok juga memiliki banyak kekayaan yang lebih menakjubkan seperti kekayaan akan kerajinan kerajinan tangan orang lombok.

Kerajinan kerajinan tangan di lombok sebenarnya sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara dan mendunia bagi turis turis asing yang berkunjung ke lombok.



Kerajinan Gerabah Lombok
Kerajinan Gerabah Lombok

Gerabah Tanah Liat Lombok

Di desa Banyumulek lombok, membuat gerabah merupakan sebuah kemampuan yang diturunkan dari generasi ke generasi. Keahlian tersebut akhirnya mampu mengangkat perekonomian desa, bahkan menarik pengunjung untuk menyaksikan dan berbelanja gerabah di desa ini.


Di desa ini Anda bisa menyaksikan berbagai proses pembuatan kerajinan gerabah.
Mulai dari pematangan tanah liat, pembentukan gerabah, pengeringan, sampai proses finishingnya. Semua proses tersebut dilakukan dengan alat-alat yang sederhana.
Salah satu sentra Kerajinan Gerabah di Kabupaten Lombok adalah di Desa Penyaonk kecamatan masbagek lombok timur,Desa penujak di lombok tengah dan desa Banyumelek lombok barat.

Motif kain tenun lombok (Bangket)
Motif kain tenun songket lombok (Bangket)
Kain Tenun Songket Lombok

Desa Sukarare ini terletak sekitar 20 km dari kota Mataram, desa ini sangat menarik untuk dikunjungi. Kegiatan sehari-hari dari banyak warga desa ini adalah menenun. Tenunan yang dihasilkan berupa songket ataupun kain khas Sasak lainnya.

Desa ini telah dikenal sebagai salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun asing. Sepanjang jalan desa banyak toko-toko yang menjual tenunan sekaligus memperlihatkan proses pembuatannya yang biasanya diperagakan oleh para wanita desa berpakaian khas lambung. Ciri khas tenunan dari desa Sukarara ini adalah tenunan memakai benang emas yang sering di sebut kain songket dan motif yang terkenal dari desa ini adalah motif bangket.




kerajinan Mutiara lombok
Kerajinan Mutiara Lombok
Mutiara Lombok

Mutiara bukan hanya menjadi salah satu bahan perhiasan namun mutiara juga dijadikan campuran beberapa produk kosmetik terkenal. Mutiara di Lombok sebagian besar merupakan mutiara yang dihasilkan di dari budidaya kerang mutiara. Budidaya ini ada dua media diantaranya media laut dan media air tawar. Mutiara yang dihasilkan dari media laut disebut mutiara laut sedangkan mutiara yang dihasilkan dari media air tawar disebut mutiara air tawar. Kedua jenis budidaya mutiara ini banyak dilakukan di pulau Lombok sehingga perekonomian di sana banyak bergantung dari budidaya mutiara. Kemajuan teknologi disana sangat mendukung perekonomian di pulau Lombok. Mutiara laut ini dibudidayakan di daerah Sekotong dan juga daerah sekitar Gili.

Disekitar Sekotong dan Gili ada banyak tempat pembudidayaan mutiara yang berperan penting untuk peningkatan ekonomi pulau Lombok. Memang dari segi teknologi pulau Lombok masih sangat sederhana atau bahkan ketingalan jika dibandingkan dnegan pulau lainnya namun dengan adanya budidaya mutiara ini perekonomian juga semakin maju. Meningkatnya perekonomian di pulau Lombok ini juga sangat mendukung perkembangan teknologi disana. Di daerah Sekarbile banyak juga dijumpai pengrajin mutiara selain disana dikenal sebagai sentra pengrajin emas dan perak. Di daerah ini anda bisa membeli mutiara dnegan harga yang beragam tergantung dari besar kecilnya mutiara tersebut.Disana banyak sekali toko mutiara sehingga anda bisa memilih mutiara yang cocok bagi anda dengan harga penawaran yang berbeda beda.

Produk mutiara di Lombok terkenal dengan kwalitas terbaiknya yang telah di ekspor ke manca negara. 

Kerajinan tangan anyaman bambu lombok
Kerajinan tangan anyaman bambu lombok
Anyaman Bambu

Salah satu produk kerajinan khas nusa tenggara barat yang kini sudah mulai banyak dikenal kalangan pecinta barang seni dan produk kerajinan adalah kerajinan anyaman Lombok yang terbuat dari berbagai jenis bahan baku seperti bambu, rotan dan ate atau keta (sejenis rumput gunung). Perpaduan antara seni kerajinan anyaman bambu, rotan atau rumput gunung yang dikombinasikan dengan bahan kayu menghasilkan kombinasi berupa barang kerajinan yang sangat serasi dan indah.

Sentuhan bahan pewarna yang umumnya mirip dengan warna alami dari komponen bahan bakunya semakin menambah keindahan barang kerajinan khas Pulau Lombok, provinsi nusa tenggara barat itu. Tidak mengherankan apabila kalangan pecinta barang kerajinan dan barang seni selalu memburu barang kerajinan anyaman khas Pulau Lombok, nusa tenggara barat itu, baik di berbagai ajang pameran barang kerajinan maupun bertandang langsung ke sentra-sentra industri kerajinan anyaman di nusa tenggara barat.
Salah satu sentra kerajinan anyaman bambu di kabupaten lombok adalah di desa loyok kecamatan Sikur,lombok timur,nusa tenggara barat.
//iklan

0 Response to "Pusat Pusat Kerajinan Tangan Di Lombok"

Post a Comment

Selalu Tinggalkan Komentar untuk Kemajuan Blog ini :)